Kelas Belajar – Kegiatan belajar bersama anak-anak Desa Bowongso. (Foto : Ikhza Fuad/DPP BEM FITK)

SQPers – Menumbuhkan minat belajar anak sejak dini sangatlah penting, pasalnya pada usia dini anak memiliki potensi yang sangat besar dalam tahapan perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan sosial seorang anak.

Berdasar Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya Pengabdian Masyarakat, Departemen Penddikan dan Pengabdian Masyarakat (DPP) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan (FITK) Universitas Sains Al-Qur’an (Unsiq) adakan Kelas Belajar di Desa Bowongso, Kecamatan Kretek, Wonosobo.

Mengusung tema ‘Pendidikan untuk Menumbuhkan Minat Belajar pada Anak’, Kelas Belajar dilakukan setiap dua minggu sekali. Para pengurus DPP BEM FITK Unsiq selenggarakan sejumlah program kegiatan mulai dari bermain sampai nonton film kartun bersama untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak-anak.

“Kita menggunakan konsep bermain sambil belajar agar anak-anak tidak bosan sebagai variasi metode pembelajaran untuk mereka,” kata ketua BEM FITK Ardianto.

Dari hasil pengamatan sebelumnya, Ardi menilai bahwa desa yang terletak di lereng Gunung Sindoro ini, membutuhkan program peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Pasalnya hal ini pernah dikeluhkan warga desa tersebut, bahwa tingkat pendidikan sekolah di desa masih rendah.

“Sebenarnya dari perangkat desa mengharapkan ada pelatihan menejemen organisasi berhubung desa Bowongso juga sebagai desa wisata, namun kami memilih untuk fokus ke bidang pendidikan terlebih dahulu,” tegas Ardi.

Koordinator kegiatan Ikhza Fuad mengharapkan, ada organisasi lain yang linier untuk membantu meningkatkan kualitas desa wisata Bowongso terkhusus di bidang pendidikan dan wisata.

“Semoga ada organisasi lain yang mau mengabdikan diri membangun desa wisata Bowongso,” harap Fuad.

Penulis: Nurul Milah, Jurnalis LPM SQ

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *