foto by Rizal : bersama Farid Gaban Narasumber Nobar Film Kinipan

Sqpers.com, UNSIQ- Di momen halal bi halal tahun 2021, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sains Al Qur’an (Unsiq) mengajak upaya peduli lingkungan dengan nonton bareng (nobar) film kinipan pada Sabtu, (5/05) di Gedung Aula Al A’la.

Melihat banyaknya kekayaan alam yang dimiliki oleh Wonosobo, lewat nobar film kinipan harapannya supaya bisa mengamalkan lingkungan hidup secara baik dan benar.  Samsul Munir Amin, dalam sambutanya mengatakan bahwa menjaga lingkungan merupakan perintah langsung dari nabi.

“Dengan tema atau acara ini semoga bisa mengamalkan lingkungan hidup secara baik dan benar, dan ini merupakan perintah-perintah Nabi, termasuk sayangilah kamu yang ada dibumi, maka kelak kamu akan disayangi oleh semua orang dan semua yang ada di langit.” Jelas Samsul Munir Amin selaku wakil rektor tiga.

Farid Gaban, narasumber nobar film kinipan menjelaskan bahwa kelestarian alam sangat mempengaruhi pola permukiman masyarakat. Jika kondisi alam yang kurang baik, maka akan berdampak pada kehidupan masyarakat.

“Misalnya yang terjadi Ketika hutan rusak maka beberapa satwa akan berpindah ke pemukiman. Sehingga akan muncul banyak sekali masalah seperti banjir, wabah, dan bencana lainnya, jelas Farid Gaban.

Candra Yudha Satria, Presiden Mahasiswa Unsiq mengatakan bahwa wonosobo memiliki kondisi geografis dengan kekayaan alam yang indah, sehingga jangan sampai ada pembangunan yang berpotensi mengeksploitasi alam.

“secara geografis wonosobo adalah kota dengan kekayaan alam yang sangat indah. Dan dengan alam tersebut jangan sampai adanya eksploitasi atas pembangunan-pembangunan. Pembangunan memang baik, namun jangan sampai mengeksploitasi alam.” Jelas Candra.

Candra menambahkan, bahwa agenda program BEM ke depan akan lebih memperhatikan literasi mahasiswa Unsiq, dan diskusi nobar film kinipan ini hanya sebagai awal embrio inisiotor gerakan kedepan.

“Harapannya ada forum lanjutan setelah ini, dan nanti ada sekolah riset yang akan terfokus pada pertanian,” jelas Candra.

Acara ini dihadiri oleh seluruh lembaga kemahasiswaan, seluruh jajaran dekan, dan media partner yaitu organisasi ekstra kampus yang meliputi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

Pewarta: Chofifah Lulita Sari

Reporter Jurnalis Shoutul Qur’an

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *