Rektor Unsiq Dr. Zaenal Sukawi / Foto : Khofifah Sari/SQ

SQPers- Rektor Universitas Sains Al Qur’an (Unsiq) Dr. H. Zaenal Sukawi membuka secara resmi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021, pada Senin (27/09), di Gedung Olahraga (GOR) Poejiharjo Kampus II Unsiq.

Dalam sambutannya, rektor mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Unsiq kepada mahasiswa baru dan mengingatkan agar bisa menuntut ilmu sekaligus nyantri sesuai slogan “Kuliah Plus Ngaji Ke-Unsiq Aja!.

“Jadi bagaimana Anda semuanya tidak hanya menjadi mahasiswa, tetapi juga plush santri,” ucap Zainal Sukawi.

Berdasarkan kelompok mahasiswa dilihat dari motivasi, proses, dan tujuan kuliahnya, Dr. H. Zaenal Sukawi membagi mahasiswa menjadi empat tipologi. Pertama, adalah mahasiswa Akademis Teoritis. Yaitu mahasiswa yang memaksimalkan proses belajar di bangku perguruan tinggi, rajin masuk kuliah, menguasai teori-teori, dan memiliki IPK 4,0.

Kedua, adalah mahasiswa Aktivis Organisatoris. Mahasiswa tipe in, adalah mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi dan aktif mengikuti berbagai kegiatan. Namun biasanya, mahasiswa aktivis organisatoris cenderung jarang masuk kuliah karena disibukkan oleh kegiatan organisasi.

Ketiga, mahasiswa Pragmatis Hedonistik. Yaitu mahasiswa yang tidak memiliki banyak kegiatan. Prosesnya hanya kuliah kemudian lulus. “Mahasiswa Unsiq tidak boleh menjadi mahasiswa yang seperti ini, kuliah hanya karena ijasah,” jelas Zaenal Sukawi.

Dan terakhir, Mahasiswa Perfeksionis Idealis. Yaitu Mahasiswa yang memiliki keseimbangan antara kuliah dan organisasi. Mereka biasanya memiliki jaringan yang luas dan menguasai teori sehingga tidak takut tertinggal jadwal kuliah. Apalagi ditambah nyantri, itu tambah bagus.

“Unsiq harap mahasiswanya adalah mahasiswa tipologi ke-empat, perfeksionis idealis. Sehingga potensi-potensi dapat diasah dengan baik dan sukses dunia akhirat,” tambahnya.

Sebelum resmi dibuka, Ia juga berharap agar semuanya bisa tercapai dengan baik saat proses perkuliahan maupun setelah lulus.

“Harapan saya, semuanya bisa tercapai dengan baik saat proses perkuliahan maupun setelah proses perkuliahan,” tandas Rektor Unsiq.

Pewarta : Nur Fatma Az Zahra/ Reporter LPM SQ

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *