pembukaan MUSMA oleh wakil rektor III (foto : Pandu/DPM)

SQPers- Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) adakan Musyawarah Mahasiswa (MUSMA) dan Demisioner kepengurusan BEM U dan BEM F pada Selasa sampai Kamis (4-6/1) di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) lantai tiga UNSIQ, Jawa Tengah, di Wonosobo.

Acara ini resmi dibuka oleh Dr. Ir. H. Heri Hermanto, M. T. selaku wakil rektor lll Universitas Sains Al-Qur’an. Dan disaksikan oleh masing-masing perwakilan dari UKK dan UKM serta anggota BEM U dan BEM F UNSIQ.

“Peserta Musma merupakan masyarakat mahasiswa yang diwakili oleh lembaga kemahasiswaan antara lain BEM Universitas dan Fakultas, DPM Universitas, UKM dan UKK, Himpunan Mahasiswa Prodi dan perwakilan komting kelas. Terkait peserta Musma yang tadi disebutkan juga diatur dalam undang-undang Musma bab 3 tentang peserta Musma,” jelas Pandu selaku ketua DPM.

Acara Musma diselenggarakan dalam rangka mewujudkan kedaulatan mahasiswa dalam permusyawaratan pengambilan keputusan tertinggi di lingkungan lembaga kemahasiswaan. Pembahasanya terdiri dari sosialisasi regulasi yang ada di kampus, sosialisasi peraturan Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) terkait bagaimana prosesi pemilihan penerus kepemimpinan lembaga eksekutif dan lembaga legislatif kemahasiswaan. Kegiatan yang secara rutin dilaksankan setiap satu periode ini bertujuan untuk menetapkan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), Program Kerja Organisasi, dan pengevaluasian kinerja BEM U dan BEM F dalam dalam menjalankan roda organisasi kemahasiswaan.

Musma kali ini mengusung tema “Satu Visi” dengan harapan dapat terwujudnya landasan dan pedoman organisasi yang profesional, lengkap dan modern, terciptanya kesadaran iklim demokratis di tingkat mahasiswa UNSIQ, terbinanya hubungan yang komunikatif dengan seluruh civitas BEM U dan BEM F, serta tercapainya regenerasi kepemimpinan yang demokratis dan progresif.

Musma merupakan forum yang diadakan DPM untuk menyerap aspirasi dari mahasiswa yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk regulasi guna menata lembaga kemahasiswaan yang lebih baik lagi. Musma juga merupakan forum penyampaian pertanggung jawaban dari lembaga eksekutif kepada masyarakat mahasiswa terkait apa saja yang telah dijalankan selama periode kepengurusanya.

“Acara musma ini sudah baik, dengan itu mahasiswa harus lebih tahu tentang politik yang baik dan benar di lingkungan mahasiswa maupun masyarakat,” ujar bendahara BEM U Andika Respati.

Prosesi Musma diselenggarakan selama tiga hari, yaitu hari pertama untuk Musma BEM U diikuti hari kedua dan ketiga adalah Musma BEM Fakultas yaitu BEM F Fksp, BEM F Ekonomi, BEM F FSH, BEM F FBS, dan BEM F FTIK. Penyampaian laporan pertanggungjawaban, pendemisioneran BEM U dan BEM F periode 2020/2021 menjadi ujung masa bakti Lembaga Eksekutif Mahasiswa dalam mengemban amanah di kampus UNSIQ.

reporter : Devki/SQ

Pewarta : Devki/SQ

Editor : Fatmi

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *