Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim / Foto: LPM SQ

Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum (BEM FSH) Universitas Sains Al Qur’an (Unsiq) gandeng Sahabat Bangun Negeri (SBN) Foundation Wonosobo adakan buka bersama dan santunan anak yatim pada Rabu (13/4/2022) di panti asuhan Darul Aitam Watumalang, Wonosobo.

Anjasmara, selaku ketua BEM FSH menuturkan bahwa acara ini diadakan untuk berbagi kebahagiaan serta menginsipirasi anak-anak yatim di panti asuhan tersebut melalui kesamaan empati yang pernah dirasakan oleh anjas ketika di pesantren dulu.

“Kita berbagi kasih, berbagi cerita, dan berbagi tawa. Tidak hanya yang ada di FSH, Unsiq, SBN, tetapi juga teman-teman yang ada di panti asuhan Darul Aitam ini. Karena tidak bisa dipungkiri, teman-teman yang ada di depan ini (para anak yatim), akan menjadi penerus kita. Jadi saya juga, dulu pernah merasakan hal-hal seperti yang teman-teman (para anak yatim) rasakan, karena pernah di posisi sebagai anak yang yatim. Sampai akhirnya saya bisa berdiri disini,” jelasnya.

Pihak SBN menyampaikan setidaknya ada dua puluh lima anak yang mendapat santunan pada acara tersebut. Sahabat Bangun Negeri atau lebih dikenal dengan SBN merupakan salah satu lembaga sosial masyarakat non profit yang bergerak di bidang sosial. Berawal dari GPMP atau Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman yang terbentuk semenjak awal pandemi tahun 2019 lalu.

“Kita intinya ingin bermanfaat di seluruh lini masyarakat,” ujar Firdayanto Nurhidayat selaku ketua SBN Wonosobo.

Kerja sama kedua lembaga tersebut baru pertama kali di adakan. Namun, Firdayanto mengaku telah banyak bekerja sama dengan beberapa lembaga di bawah naungan Unsiq seperti dengan mapala UNSIQ membagikan Al-Qur’an kepada masyarakat di Desa Watumalang, bersama dengan SBN, BEM FSH mengumpulkan donasi dari berbagai kalangan.

“Kami dari BEM FSH menginisiatif untuk membuka amalan bagi semua orang. Dengan adanya donasi ini, ada yang dari pribadi, ada yang dari percetakan, ada yang bekerja sama dari SBN, dan lain sebagainya,” jelas Alya Salsabila Novian selaku ketua panitia.

Inisiator acara mengaku menggandeng SBN karena kesamaan tujuan dan kebetulan memang salah satu adanya pengurus BEM FSH yang juga salah seorang anggota SBN. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Firdayanto.

“Acara hari ini inisiatifnya dari BEM FSH, memang Alhamdulillah salah satu volunteer kami merupakan mas Anjas. Dari situ kami dapat informasi acara, dan Alhamdulillah. Oh bagus sekali, marilah kita gaungkan kembali agar kita lebih bermanfaat kepada masyarakat, ” ujar Firdayanto.

Pengasuh panti asuhan Kyai Suryanto menerima adanya kegiatan tersebut dengan keterbukaan. Bahkan beliau berharap, adanya kegiatan tersebut tetap bisa kembali di agendakan kembali tahun depan.

“Semoga saja tahun tahun berikutnya acara seperti ini akan dilaksanan lagi, karena barang siapa yang peduli dengan anak yatim di surga seperti telunjuk dan ibu jari,” tuturnya.

pewarta: Abil dan Nabila

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.