Pemerintah Kabupaten Wonosobo mengadakan acara World Cleanup Day 2022 di Kejajar, Kejajar, Wonosobo (17/09/2022).

World Cleanup Day merupakan acara tahunan yang diadakan setiap tanggal 17 September dan diperingati secara serentak di seluruh dunia. “Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan bahwa World Cleanup Day acara bersih bersih seluruh dunia ini diinisiasi oleh masyarakat Estonia disebut let’s do it pada tahun 2018. Dimana disini menyatukan umat manusia baik dari bangsa, dari agama, dari budaya, untuk sejenak melihat sekeliling kita dalam kita berkehidupan bahwa ada mitra yang kita perhatikan yaitu sampah”. Jelas Endang Setyaningsih S.Hut, M.M. selaku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo.

Acara ini mengusung tema Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah. Acara ini berlangsung di desa Kejajar tepatnya di Sungai Kalibeyi yang dibagi menjadi 5 titik sepanjang sungai sebagai target pembersihan sampah baik sampah organik maupun sampah non organik yang berada di lokasi tersebut.

“Harapannya disini nanti kita tahu pemetaan pengelolaan sampah se Wonosobo dan juga master plan yang ada di TPA”. Jelas Endang Setyaningsih S.Hut, M.M. Acara world Cleanup Day sudah dimulai sejak tahun 2019 hingga saat ini untuk kabupaten Wonosobo, dan sudah mengumpulkan 22 juta relawan di Indonesia dan sudah melebihi dari 13 juta relawan yang ditargetkan.

Wakil bupati kabupaten Wonosobo juga menegaskan bahwa acara world Cleanup Day tidak hanya dilakukan sebagai ceremony yang dilakukan setiap acara ini berlangsung saja tetapi harus menjadi prinsip hidup masyarakat dalam berkehidupan sehari-hari. “Konsistensi dan komitmen dari semua pihak merupakan kunci keberhasilan kebersihan bagi penanganan masalah sampah yang telah kita hadapi bertahun-tahun serta dampak dampaknya terhadap dunia ini. Upaya ini dapat kita lakukan secara mandiri dengan melaksanakan konsep reduce, re use, dan recycle yang juga selaras dengan langkah pemerintah provinsi Jawa tengah yang telah mendeklarasikan gerakan Jateng gayeng 3 Ng (ngelongi, nganggo, ngolah) melalui gerakan pungut sampah pengumpulan dan pemilahan sampah dari rumah serta menggalakkan pembentukan bank sampah di kantor instansi pemerintah maupun swasta”.

Sebelum acara berlangsung, kegiatan world Cleanup Day Wonosobo di kelurahan Kejajar diawali dengan penyerahan komposter dan juga plang secara simbolik oleh Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo kepada RT/RW setempat sebagai tanda bahwa acara world Cleanup Day akan dilaksanakan secara bersama.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.