Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) menggelar acara kompetisi bahasa Arab 2023 se Jateng-DIY dengan tema “Hamasah Arabiyah Ekspresi Skill Berbahasa Arab yang Unggul dan Berkualitas” di Aula Al-A’la UNSIQ pada hari Sabtu(11/3/2023).

Acara kompetisi ini dibuka oleh Sri Haryanto selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dengan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya perlombaan dalam kompetisi bahasa arab 2023 yang disaksikan oleh wakil rektor, kaprodi, jajaran dosen PBA, dan 110 peserta lomba yang terdaftar dari 20 sekolah yang ada di Jateng-DIY.

” Dalam pembukaan agenda tahunan kompetisi bahasa arab ini, semoga kegiatan ini menimbulkan hal yang positif ,” ujar Sri Haryanto.

Menurut ketua umum HMPS PBA Ida Alinda Fathanah acara ini digelar dalam rangka pengenalan prodi PBA kepada siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA sederajat khususnya dan sebagai wujud pengasahan skill bagi siswa-siswi tersebut dengan persiapan kurang lebih selama 3 bulan sejak akhir bulan Desember 2022 lalu.

“Acara dibuat sebagai wujud pengesahan skill siswa-siswi yang mengikuti perlombaan selama 3 bulan terhitung dari akhir bulan Desember,”kata Ida.

7 cabang lomba yang diadakan diantaranya yaitu lomba pidato bahasa arab, kaligrafi, qiro’atul kutub, dan 4 cabang lomba lainnya yang diharapkan bisa lebih baik lagi untuk pelaksanaan kompetisi tahun selanjutnya dan tidak hanya dikhususkan di tingkat Jateng dan DIY, tapi juga bisa sampai tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

“Ada 7 kategori lomba yang kami adakan dalam kompetisi bahasa arab tahun ini dengan masing-masing lomba ada sekitar 15-17 peserta yang berpartisipasi” jelas Arif selaku ketua panitia acara.

Peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi lomba bukan hanya dari wilayah Wonosobo, namun juga banyak yang dari luar kota Wonosobo seperti Kudus, Kebumen, Kendal, dan lainnya.

” Dalam mengikuti acara ini, saya dapat banyak pelajaran dari teman-teman lainnya seperti biar lebih percaya diri dan acaranya bagus dan keren dengan panggung yang besar” ucap Khumaira salah satu peserta asal Kudus, Jawa Tengah. (Devki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *