UNSIQ kini tengah menyemarakkan pesta demokrasi di kalangan mahasiswa, mulai dari pemilihan BEM Universitas, BEM Fakultas, dan DPM Universitas yang dilakukan secara online melalui website Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) secara serentak pada tanggal 27 Desember 2023 di halaman Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSIQ. Untuk menindaklanjuti rangkaian acara Pemilwa tersebut maka, KPUM menyelenggarakan deklarasi kemenangan sebagaimana timeline yang telah dijadwalkan pada PKPUM No. 1

Acara tersebut dihadiri oleh para kandidat yang telah terpilih pada Pemilwa, tamu undangan serta perwakilan dari tiap Partai Politik Mahasiswa (Parpolma) ikut meramaikan deklarasi kemenangan. Dimana rangkaian ini bukan hanya menjadi kebutuhan KPUM saja, namun menjadi bentuk pendeklarasian secara terbuka kepada umum dan awak media untuk memperkenalkan diri masing-masing kepada mahasiswa universitas. Para kandidat tersebut umumnya menyampaikan rasa syukur, terima kasih, dan berusaha agar amanah akan kepercayaan yang baru saja mereka terima.

Deklarasi kemenangan ini juga dapat disaksikan secara online, yaitu dengan saluran live streaming. Sehingga, tujuan demokrasi yaitu Luberjurdil dapat terealisasikan pada mahasiswa. Sebab, setiap rangkaian Pemilwa tahun ini diselenggarakan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Jadi kesalah pahaman serta tindakan kecurangan pada pemilwa dapat di minimalisir dengan menerapkan sistem transparansi saat tiap prosesnya sedang berlangsung.

Namun, pemilihan tempat dan adanya akustikan memengaruhi akses jalan bagi mahasiswa FEB. Selain itu, deklarasi dilaksanakan selama jam aktif kampus, yang mana pada waktu tersebut sedang berlangsung Ujian Akhir Semester.

Bersumber dari keterangan Ketua KPUM terkait pemilihan tempat yaitu di teras FEB agar mahasiswa umum mengetahui bahwa ada deklarasi kemenangan dari tiap kandidat terpilih pada Pemilwa 2023. Tujuan lain dari pemilihan tempat tersebut karena mereka menyesuaikan dengan budget yang ada.
“Sebenarnya adanya akustikan tadi, sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan mahasiswa agar merapat ke acara deklarasi,” ujar Wahyu Septiyani selaku Ketua KPUM dalam wawancaranya.

Penulis: Hidayatus Syarifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *