UKM Kewirausahaan UNSIQ mengadakan Mastermind II pada hari Rabu (31/1/2024) di Kampus 1 UNSIQ dengan tema “Strategi Usaha Sembako Bukan Kaleng-kaleng”. Meskipun Rektor dan Warek III berhalangan hadir, acara ini tetap dihadiri oleh sejumlah delegasi ormawa UNSIQ serta peserta umum yang berminat memperluas pengetahuan mereka di bidang kewirausahaan.

Faiz Muhammad Arrasyid, selaku ketua UKM Kewirausahaan, membuka acara ini dengan harapan agar kegiatan pelatihan tersebut dapat menjadi bekal dasar kewirausahaan bagi mahasiswa, terutama anggota UKM Kewirausahaan, untuk menerapkan ilmu tersebut secara praktis dalam dunia industri.

“Kegiatan pelatihan Mastermind merupakan program unggulan UKM Kewirausahaan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang kewirausahaan. Pelatihan ini diadakan dalam tiga tahapan, dan pada kesempatan kali ini merupakan pelatihan Mastermind II yang terbuka untuk umum. Harapannya, pelatihan ini dapat dijadikan pondasi untuk memulai usaha” ujar Faiz dalam sambutannya.

Menurut Dimas Restu Muhammad selaku Presma UNSIQ dalam sambutannya, ” Saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat mengubah pola pikir mahasiswa dimana sebagai leadership dapat menjadi penggerak rintisan usaha yang nantinya dapat menambah lapangan pekerjaan”.

Dalam pelatihan ini Matranto, selaku pemateri memberikan 5C konsep dari China yang perlu diterapkan wirausaha muda berupa cuan (keuntungan), cengli (masuk akal), cincai (toleransi), cia (sederhana), cau (beralih bisnis jika tidak memungkinkan). Dalam memulai wirausaha juga perlu adanya komitmen pada saat menjalankan usaha dan perlu belajar dari beberapa pengalaman wirausaha yang sudah terjun langsung di dalam dunia industri serta wawasan ilmu baru yang belum pernah didapat oleh mahasiswa.

Ain Cahya Saputra, salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan, “Pelatihan ini sangat bernilai dilaksanakan. Kami sebagai mahasiswa menjadi tahu cara mendirikan bisnis dan mengoperasikannya dengan konsep 5C yang diberikan oleh pemateri. Tentunya, hal tersebut sangat bermanfaat bagi kami.”

Pewarta: Listi dan Intan
Penulis: Listi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *